Ads

Selasa, 26 April 2016

Si Tangan Sakti Jilid 012

Mereka duduk berdua saja, di ruangan depan pada senja hari itu. Yo Han dan Siangkoan Kok. Sudah dua hari Yo Han tinggal di rumah keluarga Siangkoan Kok dan dia mulai mengenal ketua itu sebagai seorang yang mempunyai cita-cita besar, yaitu menumbangkan pemerintah Mancu. Juga ketua itu mulai mengaku bahwa dia adalah keturunan keluarga Kerajaan Beng yang telah dijatuhkan pasukan Mancu seratus tahun lebih yang lalu. Ketua Pao-beng-pai ini bercita-cita untuk membangun kembali Kerajaan Beng!

Yo Han melihat kenyataan bahwa yang dinamakan “perjuangan” oleh Siangkoan Kok ini pada hakekatnya tiada lain hanyalah suatu usaha balas dendam dan ambisi pribadi. Betapa banyaknya orang yang menggunakan kedok perjuangan, demi rakyat, demi bangsa dan sebagainya, yang pada hakekatnya menyembunyikan kepentingan pribadi.

Siangkoan Kok bukan berjuang melihat penderitaan rakyat, melainkan bercita-cita untuk merampas kembali kerajaan dan tentu dia bercita-cita menjadi raja kalau dia berhasil membangun kembali Kerajaan Beng.

Perjuangan itu baru asli kalau dilakukan oleh seluruh rakyat sebagai akibat penderitaan atau penindasan. Perjuangan yang mengutamakan rakyat tanpa mengikut sertakan rakyat sendiri, masih diragukan kemurniannya. Siangkoan Kok tidak mengajak rakyat, melainkan mempunyai anak buah sendiri, dan merangkul orang-orang dari dunia persilatan, baik golongan hitam maupun putih. Akan tetapi bagaimana dengan rakyat jelata? Benarkah mereka itu kini dalam keadaan tertindas. Yang dia tahu, biarpun Kaisar Kian Liong seorang Mancu, namun dia dikenal sebagai seorang kaisar yang bijaksana, membangun dan berusaha memakmurkan rakyat, bukan dengan jalan penindasan. Karena itu, nama kaisar itu harum di kalangan rakyat, bukan sebagai kaisar penindas.

Yo Han setuju kalau pemerintah dipegang oleh bangsa sendiri, bukan oleh bangsa Mancu. Akan tetapi, dia tidak setuju kalau untuk menumbangkan kekuasaan pemerintah penjajah itu diadakan pemberontakan-pemberontakan kecil di sana sini yang bukan lain berambisi pribadi dari pemimpin-pemimpin kelompok yang tidak puas dan yang mencari kekuasaan bagi diri sendiri.

Pemberontakan kecil macam itu hanya akan menyengsarakan rakyat belaka. Seperti yang sudah-sudah, gerombolan pemberontak itu selalu mengganggu rakyat pula. Seperti Peklian-pai, Pat-kwa-pai, bahkan Thian-lipang juga pernah menyeleweng. Kalau perkumpulan yang bertujuan menumbangkan penjajah itu dimasuki orang-orang dari golongan sesat, sudah pasti akan terseret ke dalam kejahatan dan mengganggu rakyat dengan dalih perjuangan! Dan dia tidak setuju sama sekali!

Kalau ada pemimpin sejati yang dapat membangkitkan rakyat untuk menentang penjajah, maka dia siap untuk berdiri di barisan terdepan! Akan tetapi karena kehadirannya di Pao-beng-pai bukan untuk urusan pemberontakan, melainkan dalam usahanya mencari jejak penculik puteri bibinya, dia pun tidak banyak membantah ketika mendengarkan ketua itu bicara penuh semangat tentang gerakannya.

“Nah, bagaimana pendapatmu, Yo-sicu? Setelah engkau mendengarkan semua cita-cita dan rencanaku, bersediakah engkau bekerja sama dengan kami, baik engkau pribadi maupun engkau sebagai pimpinan Thian-Li-pang? Kita berjuang bahu-membahu, menumbangkan penjajah dan kelak kita bersama pula yang akan memetik buahnya, kita yang akan menikmati hasilnya.”

Nah, tersembul sedikit setan itu, pikir Yo Han. Kita yang akan memetik buahnya, menikmati hasilnya! Jadi, apa yang dinamakan perjuangan itu hanya merupakan suatu cara untuk dapat mendatangkan atau menghasilkan buah yang dapat dinikmati! Dia menahan diri untuk tidak mengucapkan suara hatinya yang ingin membantah dan mencela.

“Pangcu (Ketua)....”

”Aih, setelah kita bergaul begini akrab sebagi kawan seperjuangan, tidak perlu lagi engkau menggunakan sebutan yang asing itu. Sebut saja paman kepadaku, Yo Han!”

Hemmm, orang ini memang pandai mempergunakan orang lain, pandai memanfaatkan tenaga orang lain dengan sikap yang amat menyenangkan.

“Terima kasih, Paman Siangkoan Kok. Pengangkatan ketua di Thian-li-pang sendiri kutolak, bukan karena aku tidak suka kedudukan, melainkan karena aku ingin bebas agar aku dapat melakukan balas dendam atas kematian ayah ibuku. Mereka tewas karena dijerumuskan oleh Setan Cilik (Siauw Kwi) Can Bi Lan! Dan sebaiknya aku dalam keadaan bebas dan tidak terikat dalam usahaku membalas dendam ini. Setelah aku berhasil membunuh Can Bi Lan dan suaminya, mungkin barulah aku akan memimpin Thianli-pang dan aku akan bekerja sama denganmu.”

Siangkoan Kok mengangguk-angguk, lalu kedua matanya menatap tajam wajah pemuda itu.

“Yo Han, demikian besarkah kebencianmu terhadap Can Bi Lan dan Sim Houw?”

Yo Han balas memandang, memperlihatkan heran dan alisnya berkerut.
“Paman, kenapa Paman masih bertanya lagi? Kalau tidak karena ulah Can Bi Lan dan suaminya, dan seluruh anggauta keluarga Pulau Es, Gurun Pasir, dan Lembah Naga, tentu sampai kini ibuku masih menjadi seorang tokoh kang-ouw yang disegani! Hemmm, kalau saja aku bisa mendapatkan seorang teman yang dapat dipercaya dan yang memiliki kepandaian yang boleh diandalkan, ingin sekali aku mengajaknya untuk mendatangi suami isteri itu dan membunuh mereka!”

Ketua Pao-beng-pai itu tersenyum.
“Heh-heh-heh, Yo Han, begitu mudahnya engkau bicara! Mungkin kalau hanya Can Bi Lan atau Siauw Kwi, aku atau engkau akan mampu menandingi bahkan mengalahkannya. Akan tetapi Sim Houw? Dia adalah Pendekar Suling Naga, dengan suling pedangnya yang terkenal di seluruh dunia dan sukar dicari bandingnya! Sungguh berbahaya sekali menghadapinya!”






“Aku tidak takut, Paman. Pernah aku berusaha menyerbu mereka, akan tetapi aku seorang diri tidak mampu mengalahkan mereka. Akan tetapi, kalau saja aku dapat bertemu dengan seseorang yang kucari-cari dan sampai sekarang sayang sekali belum kutemukan, bersama dia rasanya sanggup aku membasmi keluarga Sim itu!” kata Yo Han penuh semangat.

“Hemmm, siapakah orang itu, Yo Han?”

“Namanya aku tidak tahu, Paman, bahkan aku tidak tahu apakah dia pria ataukah wanita. Yang kuketahui adalah bahwa dia pada dua puluh tahun yang lalu telah menculik puteri dari Sim Houw dan Can Bi Lan! Apakah Paman mengetahui siapa penculik itu?”

“Hemmm, apakah engkau datang ke sini sengaja hendak mencari penculik itu?”

“Memang sudah lama aku mencarinya, Paman. Aku mengunjungi pertemuan yang Paman adakan untuk mencari tahu tentang penculik itu, dan juga untuk mencari teman sehaluan.”

“Kenapa engkau mencari penculik itu!”

“Karena, kalau dia sudah berani menculik puteri suami isteri itu, berarti dia memiliki ilmu kepandaian yang tinggi dan juga amat membenci mereka. Nah, dengan orang seperti itu, kiranya aku akan dapat mengajaknya untuk membalas dendam. Apakah Paman mengetahui siapa orangnya dan di mana aku dapat bertemu dan bicara dengannya?”

Yo Han sengaja menahan diri dan tidak bertanya tentang anak yang diculik, seolah dia tidak peduli dan tidak tertarik tentang anak itu, yang diperlukan adalah si penculik untuk diajak kerja sama!

Ketua Pao-beng-pai menggeleng kepalanya.
“Tentang penculikan itu pun baru sekarang aku mendengar darimu, Yo Han. Bahkan aku pribadi tidak pernah mempunyai urusan langsung dengan Sim Houw dan Can Bi Lan.”

Yo Han mengerutkan alisnya, kecewa.
“Kalau Paman tidak tahu, aku akan segera pergi dari sini untuk bertanya kepada tokoh-tokoh kang-ouw lainnya.”

“Nanti dulu, Yo Han. Engkau bilang bahwa kalau engkau sudah berhasil menemukan penculik itu dan kau ajak menyerang musuh-musuhmu, engkau akan memimpin Thian-li-pang dan bekerja sama dengan kami? Kalau benar demikian, mungkin saja aku dapat membantumu. Anak buahku banyak, dan kami mempunyai hubungan baik dengan dunia kang-ouw. Kalau kusebar mereka untuk melakukan penyelidikan, kiraku dalam waktu beberapa hari saja aku bisa menemukan siapa penculik itu.”

“Terima kasih, Paman! Sebetulnya aku pun sudah mempunyai pikiran seperti itu, akan tetapi mana berani aku membikin repot Paman? Kalau Paman suka membantuku, sungguh aku merasa berterima kasih sekali dan aku pasti akan membalas budi itu dengan kerja sama!”
“Baiklah, aku akan membantumu dan sekarang juga akan kuperintahkan anak buah Pao-beng-pai untuk mencari tahu dan menyelidiki siapa adanya orang yang telah menculik anak dari Pendekar Suling Naga. Engkau tunggu saja dan tinggal di sini selama beberapa hari lagi sampai kita mendapatkan hasilnya. Nah, mari kita minum, Yo Han!”

Mereka lalu minum arak dan tak lama kemudian Siangkoan Kok memanggil para pembantunya dan memerintahkan mereka menyebar anak buah untuk mecari berita tentang penculik anak Pendekar Suling Naga.

Sementara itu, pada senja hari itu, di dalam taman yang luas dari perkampungan Pao-beng-pai, nampak Siangkoan Eng berjalan-jalan bersama Cia Ceng Sun. Tidak ada seorang pun anggauta Pao-beng-pai berani mengganggu atau mendekati dua orang muda yang nampak berjalan-jalan di taman sambil bercakap-cakap nampak akrab sekali itu.

Memang kedua orang muda ini saling tertarik dan saling mengagumi. Siangkoan Eng adalah seorang gadis yang hidup di tengah keluarga kang-ouw. Biarpun ayahnya seorang bekas bangsawan dan berusaha sekuatnya untuk hidup seperti seorang bangsawan, namun karena lingkungannya adalah orang-orang kang-ouw yang menjadi anak buah ayahnya, maka ia sudah biasa hidup bebas tanpa ikatan segala macam peraturan. Maka, kini ia dapat bergaul dengan Cia Ceng Sun dengan bebas tanpa rikuh dan sungkan, bahkan ayah ibunya juga membiarkannya saja karena kedua orang tua ini tidak keberatan kalau puteri mereka bergaul dengan seorang pemuda yang demikian baik seperti Cia Ceng Sun.

Setelah tiba di dekat kolam ikan yang indah, mereka duduk di atas bangku panjang. Tempat itu memang indah dan romantis. Bunga-bunga beraneka warna mekar semerbak. Di sana-sini sudah dinyalakan lampu-lampu gantung beraneka warna pula dan di pohon dekat kolam itu tergantung dua buah lampu berwarna kemerahan sehingga dalam keremangan senja, kedua orang muda itu nampak seperti diselimuti cahaya kemerahan.

“Kongcu, setelah engkau berada di sini, selama dua hari dua malam ini, bagaimana pendapatmu tentang keluarga kami, perkumpulan kami dan tempat ini?”

Siangkoan Eng yang oleh ayah ibunya disebut Eng Eng dan oleh semua anak buahnya disebut Siocia (Nona) itu bertanya sambil menatap wajah pemuda yang tampan itu.

“Sebelum aku menjawab pertanyaanmu, bagaimana kalau engkau tidak menyebut aku kongcu (tuan muda) lagi? Terdengarnya begitu asing dan tidak sepantasnya kalau seorang gadis seperti engkau menyebut aku kongcu.”

Eng Eng tersenyum.
“Hemmm, engkau sendiri menyebut aku siocia (nona), tentu saja aku menyebutmu kongcu. Habis, kalau tidak menyebut kongcu, harus menyebut bagaimana?”

“Sebut saja kakak, dan aku akan menyebutmu adik. Bagaimana pendapatmu?”

“Tidakkah itu terbalik? Kurasa aku lebih tua darimu!”

“Tidak mungkin. Usiaku sudah dua puluh tiga tahun!”

“Kalau begitu sama, aku pun dua puluh tiga tahun. Baiklah, mulai sekarang, aku akan menyebutmu toa-ko (kakak), Sun-toako.”

“Dan aku akan menyebutmu Eng-moi (adik Eng).”

“Sun-toako....”

“Eng-moi....” Keduanya saling pandang dan tertawa gembira.

“Nah, sekarang kita merasa seperti adik kakak, bukan? Eng-moi, kini aku tidak merasa sungkan lagi untuk menanyakan hal-hal yang lebih bersifat pribadi, dan harap kau tidak marah kepadaku.”

“Tanyalah, Toako”

“Engkau seorang gadis yang cantik jelita, pandai dan gagah perkasa, puteri seorang ketua pula, dan usiamu sudah dua puluh tiga tahun. Akan tetapi kulihat engkau masih sendiri, belum berkeluarga sendiri. Kenapa, Eng-moi?”

Karena pandainya Cia Ceng Sun mengatur pertanyaan itu dengan sikap bersaudara dan kata-kata yang halus, Eng Eng tidak merasa tersinggung, walaupun kedua pipinya berubah kemerahan juga.

“Aih, itukah? Bagaimana aku dapat membangun rumah tangga sendiri kalau aku belum bertemu dengan orang yang cocok, Toako? Banyak memang pinangan berdatangan terhadap diriku, akan tetapi selama ini aku belum bertemu dengan seorang yang berkenan di hatiku. Kalau sudah bertemu yang cocok, mengapa tidak? Dan engkau sendiri, bagaimana, Toako? Tentu engkau sudah berkeluarga dan mempunyai satu dua orang anak.”

“Ha-ha-ha, dugaanmu keliru, Eng-moi. Seperti juga engkau, aku masih hidup sebatang kara, belum mendapatkan jodoh. Mungkin karena selama ini juga belum ada yang cocok bagiku seperti keadaanmu.”

Hening sejenak, seolah keduanya tenggelam dalam lamunan masing-masing sementara senja mulai ditelan keremangan menjelang malam tiba. Kemudian terdengar Eng Eng bicara lirih seperti kepada dirinya sendiri,

“Betapa serupa keadaan kita....” kemudian ia menghela napas panjang dan melanjutkan sambil memandang kepada pemuda itu dengan sinar mata tajam penuh selidik, seolah sinar matanya hendak menembus cuaca yang semakin remang. “Toako, wanita seperti apakah yang kiranya dapat kau anggap cocok untuk menjadi jodohmu?”

Mendengar pertanyaan ini dan melihat sikap gadis itu, berdebar rasa jantung Cia Ceng Sun. Dia merasa seperti ditodong dan rasanya sukar untuk mengelak atau menangkis, sukar untuk tidak mengaku terus terang. Sejak dia melihat gadis ini, dia sudah terpesona, apalagi setelah melihat sepak terjang gadis itu, kemudian sampai mereka mengadu ilmu, dia telah tergila-gila, dia telah jatuh cinta!

Dengan kuat sekali perasaan ini menekannya dan terasa benar olehnya. Biarpun dia tidak melupakan pesan ayahnya agar dia jangan jatuh cinta kepada wanita lain karena dia sudah ditunangkan dengan Si Bangau Merah, namun tetap saja dia tidak mampu menolak gelora hatinya, tidak dapat menipu diri sendiri. Dia jatuh cinta kepada Siangkoan Eng. Padahal, gadis ini adalah puteri seorang pemimpin pemberontak, keturunan keluarga kaisar Kerajaan Beng!

“Eng-moi, aku mau berterus terang saja, harap engkau tidak marah.”

“Eh? Kenapa aku harus marah kalau engkau bicara terus terang tentang seorang wanita yang menurut pendapatmu cocok untuk menjadi jodohmu?”

“Eng-moi, setelah aku tiba di sini, bertemu denganmu, maka tahulah aku bahwa gadis yang kucari-cari untuk menjadi jodohku itu adalah.... yang seperti engkau inilah....”

“Seperti aku? Apa maksudmu, Sunko?”

“Maksudku.... eh, mana ada gadis yang sama denganmu. Maksudku, bahwa yang kucari-cari itu adalah engkau! Engkaulah gadis yang kuidam-idamkan menjadi jodohku. Eng-moi, tentu saja kalau engkau sudi menerimaku.”

“Hemmm, engkau hendak meminangku? Kenapa? Karena aku seperti gadis dalam mimpimu?”

“Bukan begitu maksudku, eh.... ah, terus terang saja, semenjak aku bertemu denganmu, aku terpesona dan aku jatuh cinta padamu, Eng-moi. Nah, aku sudah berterus terang, terserah kepadamu.”

Hening pula, sekali ini agak lama dan keduanya menundukkan muka. Seolah lenyap semua kegagahan dan keberanian mereka. Untuk mengangkat muka dan saling pandang pun merupakan hal yang bagi mereka membutuhkan keberanian besar sekali pada saat seperti itu. Akhirnya, setelah beberapa kali meragu karena mendengar gadis itu berulang kali menghela napas panjang, Cia Ceng Sun memberanikan diri berkata,

“Eng-moi, harap kau suka memaafkan aku kalau aku menyinggung perasaanmu.”

Memang sungguh aneh sekali pengaruh cinta terhadap diri seseorang. Cia Ceng Sun adalah Pangeran Cia Sun, cucu kaisar! Padahal, dalam kedudukannya sebagai pangeran, dengan kegagahan dan ketampanannya, biasanya seorang pangeran seperti dia tinggal menunjuk saja gadis mana yang disukainya dan gadis itu akan datang kepadanya, baik dengan suka rela maupun atas kehendak orang tua si gadis.

Dan sekarang, dia bersikap seperti seorang pemuda yang malu-malu dan gelisah ketika menyatakan cintanya kepada seorang gadis biasa, bukan puteri bangsawan, bukan puteri istana! Dan sikapnya ini bukan sekali-kali disesuaikan dengan penyamarannya sebagai pemuda biasa, memang sesungguhnya dia merasa lemah tak berdaya menghadapi Siangkoan Eng!

“Tidak ada yang perlu dimaafkan, Toako. Sesungguhnya, aku sendiri merasa bahwa sekarang setelah bertemu denganmu, aku pun telah menemukan pria yang selama ini kuharapkan.”

Gadis itu tidak melanjutkan kata-katanya dan menundukkan mukanya yang berubah merah. Biarpun Eng Eng seorang gadis yang gagah perkasa dan wataknya dingin dan aneh, namun sekali ini ia merasa sedemikian malu dan salah tingkah sehingga jantungnya berdebar keras dan seluruh tubuhnya seperti panas dingin kedua kakinya gemetar!

“Eng-moi....!”

Bukan main girangnya rasa hati Cia Ceng Sun mendengar pengakuan itu. Dia bukanlah seorang pemuda yang sama sekali belum pernah bergaul dengan wanita, walaupun dia bukan tergolong pemuda yang mata keranjang dan suka pelesir seperti para pangeran lainnya. Mendengar pengakuan Siangkoan Eng yang sama sekali tidak pernah disangkanya, dia lalu menggeser duduknya dan memegang kedua tangan gadis itu.

Mereka saling berpegang tangan, dan gadis itu mengangkat mukanya dan pandang matanya sayu, bahkan seperti hendak menangis. Empat buah tangan yang saling berpegangan itu menggigil dan menggetar.

“Eng-moi, terima kasih, Eng-moi! Aihhh, engkau membuat aku berbahagia sekali. Aku cinta padamu, Eng-moi.”

Biarpun Eng Eng amat mengharapkan kata-kata itu namun setelah diucapkan, ia merasa lucu dan ia tersenyum.

“Sun-ko, kita baru dua hari berkenalan dan sudah saling mengaku cinta.”

“Apa salahnya? Kita saling mencinta, baru bertemu sedetik pun apa bedanya? Aku akan mengirim wali untuk meminangmu kepada orang tuamu, Eng-moi.”

“Aku hanya akan menunggu, Sunko.”

Hening kembali sejenak dan mereka masih saling berpegang tangan. Akan tetapi tiba-tiba Cia Ceng Sun melepaskan tangannya dan menunduk, seperti orang melamun dengan alis berkerut.

“Kenapa, Koko?” Eng Eng bertanya, khawatir.

“Ada satu hal yang mengganjal hatiku, Eng-moi. Yaitu cita-cita ayahmu. Biarpun sejak kecil aku suka mempelajari ilmu silat, akan tetapi aku tidak pernah dan tidak suka bermusuhan. Aku tidak ingin terlibat pemberontakan terhadap pemerintah, juga tidak ingin bermusuhan dengan siapapun, maka tidak mungkin aku dapat membantu keluargamu. Aku lebih suka berterus terang, Eng-moi, daripada berpura-pura dan palsu.”

Gadis itu tersenyum dan kembali dia menangkap kedua tangan pemuda itu yang tadi melepaskan diri.

“Koko, aku justeru bangga sekali karena sikapmu yang berterus terang ini. Aku sendiri pun hanya melaksanakan kewajiban sebagai puteri ayah. Aku tidak peduli tentang perjuangan dan hanya membantu ayah sebagaimana patutnya seorang anak berbakti kepada orang tuanya. Adapun tentang permusuhan antara keluarga kami dengan tiga keluarga besar itu, aku sendiri sudah sering memberitahu kepada ayah betapa tidak wajarnya memusuhi seluruh anggauta keluarga Pulau Es, Gurun Pasir, dan Lembah Naga. Tidak wajar dan juga amat berbahaya karena tiga keluarga besar itu mempunyai orang-orang yang sakti dan amat sukar untuk dikalahkan.”

“Hemmm, mengapa ayahmu memusuhi mereka?”

“Menurut ayah, sejak orang-orang Mancu menyerbu dan menumbangkan Kerajaan Beng, semua anggauta keluarga-keluarga itu tidak pernah menentang, bahkan membantu orang Mancu.”

“Eng-moi, aku adalah orang yang menghargai kejujuran. Aku sudah berterus terang kepadamu mengatakan bahwa aku tidak mungkin dapat membantu ayahmu. Nah, bagaimana tanggapanmu, Eng-moi? Kalau kita sudah berjodoh maukah engkau meninggalkan ini semua dan tidak lagi mencampuri urusan pemberontakan dan permusuhan, melainkan hidup dalam suasana tenteram dan damai di sampingku?”

“Koko, betapa sudah lama sekali aku merindukan ketenteraman dan kedamaian itu. Aku akan berbahagia sekali kalau hidup dengan tenteram dan damai di sampingmu, akan tetapi.... tentu ayah dan ibu tidak akan mau membiarkan....”

“Percayalah kepadaku, Eng-moi. Aku yang akan melindungimu,” kata Cia Ceng Sun dengan sikap gagah dan baru sekali itu selama hidupnya Eng Eng merasa lemah dan amat membutuhkan perlindungan orang lain kecuali ayah ibunya.

Ketika Cia Ceng Sun menariknya, ia pun merebahkan diri di atas dada pemuda itu, menyembunyikan mukanya di bawah dagu. Mereka tenggelam dalam kemesraan.

**** 012 ****